Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Tips Mengerjakan soal Ujian Nasional


Tips cara  sukses bagi pelajar  dalam menyiapkan Ujian Nasional  adalah:

a.   Kuasai Materi Pelajaran, dengan pelajari materi apa yang akan diujikan, belajarlah dengan menggunakan teori-teori singkat yang mudah dipahami, dimengerti dan diingat dalam waktu cepat serta pelajari soal-soal Ujian Nasional sebelumnya, lalu bandingkan satu atau dua tahun terakhir dengan indikator yang akan keluar.
b.   Siapkan mental dan fisik, dengan kesiapan mental yang kuat maka saat melaksanakan Ujian Nasional,  pelajar akan menghadapinya dengan tenang, percaya diri, dan tidak dalam kondisi yang takut atau stress
kondusif agar anak terhindar dari suasana tekanan.
c.   Tingkatkan motivasi belajar, dalam menghadapi Ujian Nasional sangat ditentukan oleh tinggi rendahnya motivasi pelajar dalam mempersiapkan diri. Pelajar akan memiliki semangat  belajar yang dahsyat manakala memiliki motivasi yang kuat dan hebat
d.   Siapkan keterampilan teknis
Keterampilan teknis yang dimaksud adalah siswa dibekali tidak hanya menguasai materi dan kesiapan mental juga harus menguasai keterampilan teknis lainya, antara lain :
1)   Keterampilan mengerjakan lembar jawaban computer
Ujian Nasional tahun 2012 diprediksi masih menggunakan lembar jawaban komputer dengan sistem silang. Keterampilan menjawab soal melalui Lembar Jawaban ini juga sangat menentukan hasil Ujian Nasional pelajar.
Misalnya apabila pengisian biodata salah, penomoran peserta salah termasuk cara memberi silang dan menghapus jawaban yang diganti ikut menentukan hasil Ujian Nasional pelajar. Oleh karena itu tips untuk keterampilan ini adalah selalu mengikuti kegiatan-kegiatan try out secara rutin.
2)   Keterampilan menjawab soal-soal
Keterampilan teknis ini sangatlah penting untuk dikuasai pelajar dalam menjawab soal-soal Ujian Nasional. Menguasai keterampilan menjawab soal ini dimaksud agar pelajar dapat mengerjakan soal-soal dengan cepat, tepat dan benar dalam waktu yang singkat, sehingga waktu yang tersedia selama 120 menit dapat dimanfaatkan bukan hanya mengerjakan soal tetapi juga sampai pada pemeriksaan dan pengerjaan ulang soal Ujian Nasional.
Bagian yang sangat penting untuk menyiapkan siswa sukses UN adalah dengan tetap berdoa karena sesungguhnya manusia itu hanya berusaha dengan semaksimal mungkin dan keputusan akhir yang paling menentukan adalah kekuasaan Tuhan  Yang Maha Esa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG KAMI

Music

Selamat datang di gubuk kecil kami